Hidup Itu Indah Jika Menjalaninya Dengan Baik

Madrid Tatap La Decima

Review: Madrid Tatap La DecimaReal Madrid menaklukkan tuan rumah Manchester United 2-1 di babak 16 besar Liga Champions 2012/13 leg kedua. United kehilangan Nani akibat kartu merah, sedangkan Cristiano Ronaldo mencetak gol kemenangan ke gawang mantan klubnya. Los Merengues sukses menyingkirkan Red Devils dengan agregat 3-2 dan selangkah lebih dekat pada La Decima incaran mereka.

Setelah hanya imbang 1-1 di Santiago Bernabeu pada leg pertama, pasukan Jose Mourinho menang di Old Trafford, Rabu (06/3), dan lolos ke perempat final. Tanpa gol di babak pertama, United memecah kebuntuan setelah jeda melalui gol bunuh diri Sergio Ramos. Namun, kartu merah Nani tak lama berselang membuat situasi berubah total. Madrid lalu sukses membalikkan skor lewat gol spektakuler pemain pengganti Luka Modric dan finishing Ronaldo.

United mengawali laga dengan Wayne Rooney di bangku cadangan. Dimotori Ryan Giggs, yang melakoni pertandingan ke-1.000 dalam karier profesionalnya, United mengancam dua kali secara beruntun lewat Robin van Persie dan Danny Welbeck, tapi gawang Diego Lopez tetap aman.

Madrid, dengan diinspirasi Ronaldo, yang 'pulang' untuk pertama kalinya ke Old Trafford sejak pindah ke ibu kota Spanyol, dan Angel Di Maria, yang telah membukukan empat asisst melawan dua tim Manchester di Liga Champions musim ini (tiga vs City, satu vs United), mendominasi babak pertama. Namun, satu-satunya peluang Madrid lewat shot on target Gonzalo Higuain belum bisa mengubah keadaan. Di Maria bahkan digantikan Kaka sebelum jeda.

Secara keseluruhan, babak pertama berjalan cukup 'tenang' dan skor 0-0 pun bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, level permainan meningkat. United langsung menggebrak dan mendapatkan gol yang mereka incar. Hanya tiga menit setelah jeda, dalam sebuah kemelut di depan gawang Lopez, Ramos melakukan blunder fatal. Berusaha menghalau sontekan Welbeck hasil crossing Nani, bek Madrid itu justru membelokkan bola ke gawangnya sendiri. United pun unggul agregat sementara 2-1.

Hanya delapan menit sejak own goal Ramos, United harus bermain dengan sepuluh orang setelah Nani dikartu merah langsung oleh wasit Cuneyt Cakir akibat kaki tingginya menerjang Alvaro Arbeloa. Sir Alex Ferguson meradang, karena dia merasa Nani tidak melakukannya dengan sengaja. Namun, wasit Turki yang pernah mengusir John Terry, Mario Balotelli, Gary Cahill dan Steven Gerrard itu tetap pada keputusannya.

Unggul jumlah pemain dan butuh gol, Mourinho pun memasukkan Modric untuk menggantikan Arbeloa.

Madrid semakin mendominasi. Setelah mengurung wilayah United, Los Blancos sukses membalikkan keadaan lewat sepakan jarak jauh Modric dan sontekan Ronaldo meneruskan crossing Higuain pada menit 66 serta 69. Hanya dalam kurun waktu 20 menit, nasib United seolah berubah drastis.

Sir Alex Ferguson kemudian menarik Tom Cleverley dan memasukkan Rooney. Tujuannya jelas, untuk meningkatkan daya dobrak United. Namun, Mourinho meresponsnya dengan mengeluarkan Mesut Ozil untuk memberi tempat pada Pepe.

United mendapatkan peluang emas lewat sundulan Carrick, sontekan Van Persie, tendangan voli Rooney, dan sundulan Vidic, tetapi Lopez mementahkan semuanya. Sementara itu, Ronaldo beberapa kali berpeluang menambah golnya dan mengakhiri perlawanan United, tapi skor 2-1 untuk kemenangan Madrid tak berubah bahkan hingga lima menit injury time babak kedua.

Ini adalah kemenangan pertama Mourinho dalam pertandingan Liga Champions di Old Trafford. Yang lebih penting, Mourinho berhasil menjaga ambisi Madrid untuk meraih gelar kesepuluhnya di kompetisi paling elit antarklub Eropa ini.

Sementara itu, Sir Alex Ferguson, yang hanya menang dua kali dalam 16 pertemuannya dengan Mourinho, harus rela melihat timnya tersingkir lebih awal.

Madrid kini tinggal menunggu lawan. Undian untuk babak perempat final akan digelar di markas besar UEFA di Nyon, Swiss, pada 15 Maret mendatang.

Susunan pemain United: De Gea; Rafael (Valencia 87'), Ferdinand, Vidic, Evra (kuning 18'); Carrick (kuning 72'), Cleverley (Rooney 73'), Giggs; Nani (merah 56'), Welbeck; Van Persie.
Cadangan: Lindegaard, Evans, Valencia, Young, Kagawa, Rooney (Young 81'), Chicharito.

Susunan pemain Madrid: Lopez; Arbeloa (kuning 38') (Modric 59'), Varane, Ramos, Coentrao; Alonso, Khedira; Ronaldo, Ozil (Pepe 71' - kuning 88'), Di Maria (Kaka 45' - kuning 73'); Higuain.
Cadangan:  Adan, Albiol, Pepe, Kaka, Benzema, Modric, Callejon. (bola/gia)Statistik OPTA
0 Komentar untuk "Madrid Tatap La Decima"

Back To Top