Hidup Itu Indah Jika Menjalaninya Dengan Baik

Review: Trigol Belanda Mantapkan Posisi di Puncak

Review: Trigol Belanda Mantapkan Posisi di Puncak
Belanda kembali berhasil meraih poin penuh usai menghantam tamunya Estonia dengan gelontoran tiga gol tanpa balas pada laga yang berlangsung di Amsterdam Arena.

Tampil di depan pendukungnya sendiri jelas membuat Belanda tampil lebih percaya diri dan mendominasi jalannya pertandingan. Meski begitu, tiga gol kemenangan Tim Oranje tersebut baru bisa tercipta di babak kedua melalui aksi Rafael van der Vaart, Robin van Persie, dan juga Ruben Schaken.

Babak pertama Belanda praktis menguasai jalannya pertandingan. Digawangi oleh Robben dan Van Persie Tim Oranje terus membombardir lini pertahanan Estonia.

Akan tetapi, ketatnya lini pertanahan Estonia serta lemahnya penyelesaian akhir tim asuhan Louis van Gaal ini membuat sejumlah peluang yang mereka miliki terbuang percuma.

Menit 34 Amsterdam Arena sempat bergemuruh berkat lesakan gol Van Persie dari dalam kotak penalti. Akan tetapi, suka cita tersebut tidak berlangsung lama karena asisten wasit terlebih dahulu mengangkat bendera tanda telah terjadi offside terlebih dahulu.

Dua menit berselang, Van Gaal dipaksa untuk melakukan pergantian. Wesley Sneijder yang terlihat meringis kesakitan harus ditarik keluar dan digantikan oleh Van der Vaart.

Hingga turun minum, Belanda masih juga belum bisa membongkar ketatnya pertahanan Estonia yang tentu saja membuat papan skor berada dalam kondisi statis 0-0.

Babak kedua, Van Gaal sedikit melakukan perubahan. Robben yang semula berada di tengah kembali diposisikan melebar dan menempatkan Van Persie kembali di tengah. Taktik tersebut terbukti jitu. Pasalnya, dua menit selepas kick off babak kedua, Belanda langsung membuka skor. Aksi impresif Darryl Janmaat dari sisi kanan berhasil memecah pertahanan Estonia yang akhirnya memudahkan Van der Vaart untuk menaklukkan kiper Sergei Pareiko dari dalam kotak penalti.

Unggul satu gol, membuat Belanda terus mencecar pertahanan tamunya tersebut. Akan tetapi, gol yang mereka tunggu baru terlahir pada menit 72. Ialah Van Persie yang kali ini tanpa kesalahan menceploskan bola ke gawang Estonia usai memanfaatkan umpan manis dari Janmaat.

Tertinggal dua gol tidak membuat Estonia patah arang. Bahkan mereka sempat membuat pendukung tuan rumah menahan nafas untuk beberapa saat setelah Martin Vunk mampu mengecoh Kenneth Vermeer yang sudah menjadi pertahanan terakhir bagi Belanda. Beruntung sepakannya masih sedikit melambung di atas mistar gawang sehingga membuat Belanda masih tetap memimpin dengan margin dua gol.

Menit 84, Belanda benar-benar menjadi akhir perlawanan bagi Estonia. Ialah Ruben Schaken yang sukses menjebol gawang Pareiko untuk kali ketiga usai memanfaatkan umpan Van Persie dari sisi kanan pertahanan Estonia.

Kemenangan 3-0 Belanda ini jelas semakin memantapkan posisi mereka di puncak klasemen dengan grup D dengan 15 poin unggul lima poin dari Hungaria di posisi kedua.

Susunan pemain kedua tim:
Belanda (4-3-3): Vermeer; Janmaat, De Vrij, Martins Indi, Blind; De Guzman (Clasie 86'), Sneijder (Van der Vaart 36'), Strootman; Lens (Schaken 74'), Van Persie, Robben (kuning 41').

Estonia (4-4-2): Pareiko; Jaager, Morozov, Klavan, Teniste; Puri, Vunk, Vassiljev, Kroeglov (Kink 62'); Ojamaa (Lindpere 77'), Oper (Zenjov 45').

Statistik:
Penguasaan bola: 79% - 21%
Shots(on goal): 12(5) - 5(2)
Sepak pojok: 2 - 0
Offside: 3 - 1
Pelanggran: 3 - 11
Kartu kuning: 1 - 0
Kartu merah: 0 - 0. (bola/bgn)
Tag : Piala Dunia
0 Komentar untuk "Review: Trigol Belanda Mantapkan Posisi di Puncak"

Back To Top